Bangkok –

Penembakan di Mal Siam Paragon berimbas kepada pariwisata Thailand. Negeri gajah putih menyiapkan strategi, salah satunya berjanji menjamin keselamatan wisatawan.

Dilansir dari Time pada Jumat (6/10/2023), Menteri Pariwisata ThailandSudawan Wangsuphakijkosol menekankan bahwa penembakan di mal Siam Paragon adalah ‘insiden yang terisolasi’.

“Lembaga penegak hukum akan memperketat pemeriksaan senjata di pusat perbelanjaan dan tempat wisata lainnya,” katanya.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kasus penembakan tersebut kini membayangi Thailand terhadap lonjakan kedatangan turis. Padahal, sebelumnya Thailand sudah mencoba untuk menggenjot kedatangan turis lewat program bebas visa bagi pengunjung China dan Kazakhstan.

Thailand pun percaya diri mematok target menerima 30 juta wisatawan tahun ini. Pemulihan pariwisata baru tumbuh 60-70 persen dibandingkan sebelum pandemi.

Gubernur Bank of Thailand Sethaput Suthiwartnarueput mengatakan bahwa dampak penembakan terhadap pariwisata perlu diwaspadai.

“Penembakan itu akan merusak kepercayaan dan sentimen wisatawan,” kata Burin Adulwattana, kepala ekonom Kasikorn Research Center, yang berbasis di Bangkok.

Situasi itu berimbas langsung terhadap pemulihan ekonomi Thailand.

“Pemerintah perlu melakukan yang terbaik untuk memulihkan kepercayaan turis,” kata dia.

Otoritas Pariwisata Thailand dan lembaga-lembaga lainnya juga akan ikut ambil bagian dalam meningkatkan strategi komunikasi mereka untuk meredakan kkekhawatiran di kalangan turis. Citra Thailand sebagai tujuan wisata aman juga harus ditingkatkan.

“Saya pikir masih terlalu dini untuk mengevaluasi seberapa besar penurunan jumlah wisatawan China. Tapi, ini jelas memiliki dampak terhadap keamanan perjalanan di Thailand,” kata Adit Chairattananont, sekretaris jendral Asosiasi Agen Perjalanan Thailand (ATTA).

ATTA mendesak pemerintah untuk mendirikan pusat terpadu untuk menangani insiden kritis dan menjamin keselamatan turis.

“Pemerintah harus mengambil langkah proaktif untuk meyakinkan warga Thailand dan turis tentang keamanan di Thailand dan mendukung industri pariwisata dalam jangka panjang,” kata Adit.

Penembakan massal di mal Siam Paragon Bangkok terjadi pada Selasa (3/10) sekitar pukul 16.30 waktu setempat. Dilansir dari AFP, ratusan orang meninggalkan mal kelas atas di jantung ibu kota Thailand itu saat tembakan terjadi.

Pejabat medis Thailand melaporkan satu orang tewas dalam penembakan massal di mal Siam Paragon di Bangkok. Selain itu, dilaporkan sebanyak enam orang luka-luka dan lima orang dalam kondisi kritis.

Simak Video “Plankton Sebabkan Laut Thailand Jadi ‘Zona Mati'”
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *