Jakarta –

Momen Natal telah tiba. Kreativitas masyarakat Sorong ini patut diacungi jempol karena memeriahkannya dengan membuat pohon Natal dari kerang yang memecahkan rekor MURI.

Dalam siaran kepada wartawan, Kamis (21/12/2023), rekor MURI ini disematkan untuk pembuatan pohon Natal dari kulit kerang sebanyak 16.000 biji.

Rekor tersebut diraih dalam perhelatan Launching Prima TNI “Mutiara Papua” kogabwilhan III tahun 2023. Lokasinya berada di Pulau Doom Kota Sorong, Provinsi Papua Barat Daya.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Sangat menarik karena ini dibuat selama 12 hari oleh Persekutuan Pemuda Doom yang memanfaatkan kulit kerang. Kerajinan cangkang kerang ini merupakan salah satu kegiatan positif yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat pesisir Papua Barat Daya,” kata Pangkogabwilhan III Letjen TNI Richard T.H. Tampubolon.

Penyerahan rekor MURI untuk pohon Natal dari kerang (Foto: Istimewa)

Lebih lanjut Richard mengatakan bahwa rekor tersebut lahir dari acara yang dilakukan dari menindaklanjuti Program Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto yang ingin menjadikan TNI Prima. Itu singkatan dari profesional, responsif, integratif, modern, dan adaptif.

Prima TNI “Mutiara Papua” adalah salah satu program unggulan Kogabwilhan III yang berjalan dengan berbagai kegiatan. Lembaga itu ingin mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat Papua.

Tak hanya bakti sosial dan ketahanan pangan, Kogabwilhan III bersama seluruh elemen masyarakat melangkah bersama agar Papua aman, damai dan sejahtera menuju Indonesia maju.

“Bagi masyarakat Papua adanya penetapan Noken Papua sebagai warisan budaya oleh UNESCO yang diperingati setiap tanggal 4 Desember menjadi kebanggaan bagi kita semua yang patut kita syukuri dan lestarikan,” kata dia.

Pohon Natal dari kerang (Foto: Istimewa)

Sementara itu Pj Gubernur Papua Barat Daya, Mohammad Musa’ad, mengucapkan terima kasih kepada TNI. Itu karena mereka dapat melakukan peletakan batu pertama dan menerima rekor Muri pohon Natal terbuat dari kulit kerang.

“Perlu di ketahui bahwa Kepulauan Doom Ini merupakan sejarah awal Pemerintahan Sorong di Tanah Papua. Sehingga kawasan ini merupakan tanah sejarah yang kita tidak bisa dilupakan,” ujarnya.

“Dengan kegiatan ini menjadi suatu kebersamaan antara kita semua dalam membangun suatu daerah. Sehingga mari kita menjaga keamanan sehingg pembangunan akan berjalan dengan lancar. Akhir kata kitorang kuat karena torang satu,” kata dia.

Simak Video “Bendera Indonesia di Grasberg, Freeport Pecahkan Rekor Dunia!”
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *