Jakarta –

Rumah orang yang sudah mati (kuburan) juga menjadi daya tarik wisata, seperti Ereveld. Di luar negeri pun sama, ada yang demikian.

Fenomena itu diutarakan oleh sejarawan film Karie Bible. Ia menghabiskan hampir seluruh masa kecilnya dengan tinggal di sebelah pemakaman.

Di sanalah ia bersepeda, bermain dengan saudara laki-lakinya, dan melewatinya hampir setiap hari. Anak-anak lain mungkin bertukar cerita menyeramkan, tetapi Bible yakin akan nilai lain dari pemakaman.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Berada tepat di sebelah pemakaman adalah hal yang biasa bagi saya. Saya selalu berpikir bahwa mereka sangat indah,” katanya kepada CNN, seperti dikutip Rabu (1/11/2023).

Bertahun-tahun kemudian, setelah mendarat di Los Angeles sebagai orang dewasa, dia berakhir di salah satu pemakaman paling terkenal di negara ini, Hollywood Forever. Sebuah destinasi yang sakral.

Di sana, dengan mengunjungi makam bintang film bisu Marion Davies, sutradara terkenal Cecil B. DeMille, dan ikon peragawati Judy Garland, ia menemukan banyak sekali kisah yang bisa diceritakan.

Itu terjadi lebih dari 20 tahun yang lalu. Sejak saat itu, ia menjadi pemandu wisata resmi di pemakaman tersebut.

Ia memandu para pengunjung dalam tur bulanan melintasi area pemakaman untuk mengunjungi makam-makam yang rumit hingga nisan sederhana.

“Saya mencintai orang-orang ini, dan sangat menyenangkan bagi saya untuk menjaga agar kenangan mereka tetap hidup dan warisan mereka tetap ada,” katanya.

Wisata kuburan Hollywood Forever (Foto: CNN)

Bible menghabiskan hari-harinya dengan para turis batu nisan. Mereka penggemar pemakaman yang melakukan perjalanan ke seluruh negeri dan dunia ke pemakaman-pemakaman penting untuk berkomunikasi dengan mereka yang dimakamkan di sana dan menikmati sejarah.

Philip Stone, pendiri dan direktur eksekutif Institute of Dark Tourism Research di University of Central Lancashire di Inggris, mengibaratkan wisata batu nisan sebagai tamasya ke rumah-rumah orang mati.

Pemakaman bukanlah tujuan wisata konvensional, tetapi telah menjadi tempat perhentian penting bagi para penggemar sejarah, estetika, dan pengunjung yang ingin mengetahui lebih banyak tentang komunitas yang mereka kunjungi.

Berikut adab melakukan wisata ke rumah-rumah orang mati:Pergilah dengan suatu tujuan

Pemakaman adalah tempat untuk merenung dan mengingat, bukan untuk membuang sampah sembarangan, berkeliaran, atau berpesta seperti yang dilakukan oleh para remaja yang berada dalam banyak cerita menakutkan.

Hormati lokasi

Beberapa pemakaman paling terkenal adalah pemakaman yang masih berfungsi, seperti Hollywood Forever, yang masih menyelenggarakan pemakaman dan melakukan layanan penguburan dan kremasi.

Jangan sembarangan masuk ke sebuah pemakaman

Tidak semua pemakaman menginginkan tamu. Itu jika sebuah pemakaman bersifat pribadi atau memiliki nilai budaya yang penting dan melarang kunjungan jika Anda bukan warga lokal.

Simak Video “KUBURAN Band, Release Mini Album Jass Friend dan juga Menjadi Band ‘Multi-Genre'”
[Gambas:Video 20detik]
(msl/wsw)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *