Jakarta –

Taman nasional menyimpan pemandangan-pemandangan yang sangat megah. Mereka cocok di sana. Berikut ini daftar taman nasional terluas di tujuh benua yang melebihi kebanyakan luas negara.

Diberitakan CNN, disitir Jumat (15/9/2023), Taman Nasional Sagarmatha di Nepal melindungi lereng selatan Gunung Everest, puncak tertinggi di dunia dengan ketinggian 8.849 meter.

Taman Nasional Canaima di Venezuela adalah rumah bagi Angel Falls, air terjun tertinggi di dunia dengan ketinggian 979 meter.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Terbentang seluas 400 kilometer persegi, Taman Arkeologi Angkor di Kamboja memiliki monumen keagamaan terbesar di dunia dan reruntuhan kota metropolitan kuno terbesar.

Namun, bermunculannya kawasan lindung baru di akhir abad ke-20 dan awal abad ke-21 membuat generasi tua taman nasional merasa malu jika membandingkan luasnya. Beberapa pemula berukuran 50 kali lebih besar dari Yellowstone.

Berikut ini daftar taman nasional terbesar di tujuh benua:

1. Asia

Meskipun merupakan benua terbesar, Asia masih tertinggal dalam persaingan untuk mendapatkan taman nasional terbesar di dunia.

Didirikan pada tahun 2021, Taman Nasional Sanjiangyuan di Tiongkok kini menjadi yang terbesar (123.100 kilometer persegi). Bagian dari Dataran Tinggi Tibet, di sanalah hulu Sungai Yangtze, Kuning, dan Lantsang.

2. Amerika Utara

Taman Nasional Greenland Timur Laut saat ini merupakan taman nasional terbesar di dunia. Itu juga menjadi kawasan lindung berbasis daratan terbesar.

Sulit untuk membayangkan ukurannya, yakni 972.000 kilometer persegi. Itu menjadikannya lebih besar dari semua negara kecuali 29 negara anggota PBB.

3. Amerika Selatan

Taman terbesar di Amerika Selatan ditemukan di wilayah yang paling sedikit penduduknya di benua ini, yakni Amazon dan Patagonia.

Juara bertahannya adalah Taman Nasional Chiribiquete di Kolombia tenggara (43.000 kilometer persegi. Ia melindungi sebagian besar hutan hujan Amazon, pegunungan tepui dengan puncak datar, dan sungai liar, taman ini tampak seperti “Jurassic Park”.

4. Australia

Ini adalah cagar alam terbesar di Australia yang masih baru. Mencakup 36.000 kilometer persegi, Taman Nasional Gurun Munga-Thirri-Simpson dideklarasikan pada tahun 2021 untuk melindungi lanskap gurun yang sangat indah di ujung utara Australia Selatan.

Kawasan ini mencakup salah satu ladang bukit pasir terbesar di dunia, hutan akasia, padang rumput spinifex, singkapan gipsum, dan rangkaian danau playa (kering). Selain memiliki lebih dari 150 spesies burung, taman ini menyediakan habitat kering bagi hewan berkantung kecil (kebanyakan di antaranya aktif di malam hari), dingo, unta liar, dan perentie (kadal terbesar di Australia).

5. Eropa

Mengingat ukurannya yang kecil dibandingkan dengan banyak benua lain, banyak taman terbesar di Eropa tampak kecil dibandingkan dengan taman lainnya. Namun bukan berarti mereka sangat kecil.

Yang terbesar adalah Taman Nasional Vatnaj√∂kull di Islandia (14.141 kilometer persegi). Cagar alam ini melambangkan “api dan es”, sebuah negeri ajaib dengan gunung berapi dan sumber air panas, fjord, dan gletser yang mudah dijelajahi sendiri (berkemah, hiking, dan mengamati burung) atau melalui perjalanan berpemandu.

6. Afrika

Beberapa bukit pasir tertinggi (lebih dari 200 meter) dan terbesar di dunia adalah pusat dari Taman Nasional Namib Naukluft di Namibia bagian barat. Itu yang terbesar di Afrika dengan luas 49.768 kilometer persegi.

Meski bukan taman nasional, zona perlindungan terbesar di Afrika adalah Kawasan Konservasi Lintas Batas Kavango-Zambezi (520.000 kilometer persegi) yang dibentuk pada tahun 2012 untuk melindungi wilayah Zambia, Zimbabwe, Mozambik, Angola, dan Namibia.

7. Antartika

Wilayah terbawah planet ini belum mempunyai taman nasional, namun satu-satunya cagar alam resmi di Antartika adalah Kawasan Konservasi Perairan Laut Ross.

Dibuat pada tahun 2016, cagar alam ini memiliki luas 1,55 juta kilometer persegi dan merupakan rumah bagi jutaan hewan kutub termasuk penguin, paus, anjing laut, dan burung laut.

Namun, suatu saat nanti, seluruh benua bisa menjadi Taman Dunia Antartika. Dengan luas 14,2 juta km persegi, itu berarti 10 kali lebih besar dari cagar alam lainnya.

Simak Video “Dinpar Kabupaten Lumajang Tutup Wisata B29 Imbas Kebakaran di TNBTS”
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *