Badung, CNN Indonesia —

Staf Kantor Urusan Agama (KUA) Mengwi, Kabupaten Badung, Bali mengakui ada permintaan dari penyelenggara pernikahan Bunga Citra Lestari (BCL) dengan Tiko Aryawardhana untuk menjaga privasi acara itu.

Hal itu pula yang membuat staf administrasi dan operator bernama, Muhammaf Yusuf, tersebut untuk sulit memberikan konfirmasi soal kabar pernikahan BCL dan Tiko yang disebut digelar pada 2 Desember 2023.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Kalau perkara tanggalnya saya tidak tahu,” kata Yusuf. “Ada permintaan seperti itu [acara privat],” lanjutnya.

Meski begitu, ia mengonfirmasi bahwa Bunga Citra Lestari dan Tiko Aryawardhana terdaftar di KUA Mengwi untuk menikah dalam waktu dekat. Bahkan keduanya diwajibkan hadir dalam bimbingan pernikahan yang digelar tiap Selasa dan Kamis di sana.

Bimbingan pernikahan adalah program pemerintah berisi pemberian materi untuk calon pengantin sebelum memasuki biduk rumah tangga, mulai dari topik agama, sosial, ekonomi, hingga kesehatan.

“Bimbingan dan seminar dikasih pencerahan tentang pernikahan di KUA. Kepala KUA sendiri [yang memberikan] tentang bagaimana baik-buruk rumah tangga,” kata Yusuf. “Setelah itu acara [pernikahan],”

“[Calon mempelai] wajib datang,” katanya.

[Gambas:Video CNN]

Sebelumnya Kepala KUA Pasar Minggu, Daud Damsyik menjelaskan BCL dan Tiko telah mengajukan surat rekomendasi karena akan menikah di luar domisili mereka di Jakarta. Rekomendasi dikeluarkan pada 24 November 2023.

“Rekomendasi ditujukan ke salah satu daerah, persisnya di KUA Mengwi, Kabupaten Badung,” ujar Daud di Kantor KUA Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (27/11).

Namun, Daud mengaku tak mengetahui detail lokasi maupun waktu pelaksanaan akad nikah BCL dan Tiko Aryawardhana. Ia menjelaskan KUA Pasar Minggu hanya memberi rekomendasi untuk KUA yang dituju, yakni di wilayah Mengwi, Badung.

“Kalau rekomendasi tidak menyebutkan kapannya, tapi tempatnya jelas di KUA Mengwi di Badung. Cuma untuk jam, hari, tanggal, itu ketika Bunga daftar ke KUA Mengwi,” ujar Daud.

[Gambas:Instagram]

Sementara itu, bila berdasarkan aturan, pernikahan mestinya digelar setidaknya 10 hari kerja setelah rekomendasi diberikan atau dalam hal ini paling lambat 8 Desember 2023.

Sebelumnya beredar rumor bahwa BCL dan Tiko akan menikah di Bali pada 2 Desember 2023. Namun, pihak BCL belum resmi buka suara terkait hal ini.

Pernikahan ini bakal menjadi yang kedua bagi BCL setelah Ashraf Sinclair meninggal dunia pada 18 Februari 2020 saat berusia 40 tahun. BCL dan Ashraf membangun rumah tangga 12 tahun sejak resmi menikah pada 2008 di Masjid Al Bina, Senayan, Jakarta. Pernikahan mereka dikaruniai satu anak laki-laki, Noah.

Begitu pula dengan Tiko yang sebelumnya sempat membangun rumah tangga dengan Arina Winarto dan resmi cerai pada Oktober 2021. Pernikahan mereka kala itu dikaruniai tiga anak.

(kdf/end)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *