Jakarta, CNN Indonesia —

Raja Charles III dari Kerajaan Inggris mengucapkan terima kasih atas dukungan masyarakat menyusul setahun penobatannya sebagai raja sekaligus peringatan kematian ibunda, Ratu Elizabeth II, pada Jumat (8/9). 

“Dalam memperingati satu tahun kematian mendiang Yang Mulia dan aksesi saya, kami mengenang dengan penuh kasih sayang atas umur panjangnya, pengabdiannya, dan semua arti beliau bagi banyak dari kita,” kata Charles melalui pernyataan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO RESUME CONTENT

“Saya juga sangat berterima kasih atas cinta dan dukungan yang telah ditunjukkan kepada istri saya dan saya sendiri selama tahun ini karena kami melakukan yang terbaik untuk melayani Anda semua.”

Ratu Elizabeth II adalah monarki terlama di Inggris, berkuasa selama 70 tahun. Dia meninggal pada usia 96 tahun setelah kesehatannya terus menurun selama beberapa waktu.

Sementara itu, Charles saat ini berada di perkebunan keluarga kerajaan Balmoral di Dataran Tinggi Skotlandia untuk mengenang kepergian sang ibunda. Ia diperkirakan tidak akan tampil di depan umum terkait prosesi ini.

[Gambas:Video CNN]

Dikutip AFP, Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak juga memberikan penghormatan kepada mendiang Ratu Elizabeth.

“Masyarakat di seluruh Inggris, baik mereka beruntung bisa bertemu dengan mendiang Yang Mulia atau tidak, hari ini akan merefleksikan apa yang beliau maksudkan bagi mereka dan teladan yang beliau berikan bagi kita semua,” kata Sunak pada Kamis malam.

“Kami akan menghargai kenangan itu. Ikatan antara negara dan raja adalah sesuatu yang sakral dan abadi. Jadi, sementara kita terus berduka atas meninggalnya Yang Mulia, kita harus bangga bahwa warisan pengabdian yang luar biasa ini – dan ikatan yang luar biasa ini – terus berkembang hingga saat ini di bawah pemerintahan Yang Mulia Raja.”

Pangeran Harry yang diasingkan dari keluarga kerajaan sejak pindah ke AS bersama istrinya Meghan Markle, juga memberikan penghormatan kepada sang nenek di acara amal di London pada Kamis.

“Seperti yang kalian tahu, saya tidak bisa menghadiri penghargaan tahun lalu karena nenek saya meninggal dunia,” kata Harry kepada para tamu.

“Dia (Ratu Elizabeth) akan menjadi orang pertama yang bersikeras bahwa saya tetap datang untuk bersama kalian, dan itulah yang juga tepat satu tahun kemudian saya yakin dia memandang kita semua malam ini, senang kita sedang berkumpul bersama.”

(rds)

[Gambas:Video CNN]

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *