Jakarta –

Ini bukan semangkuk pho biasa. Kuliner khas Vietnam satu ini dihargai hingga lebih dari dua juta rupiah. Lalu, apa istimewanya?

Dilansir CNN, Rabu (13/9/2023), pho ini dimasak perlahan dan direbus dalam kaldu hingga 48 jam. Disajikan dengan iga pendek yang empuk, di dalamnya juga terdapat bahan-bahan berkualitas tinggi seperti irisan daging sapi wagyu, foie gras, dan truffle serut dan diakhiri dengan daun emas yang dapat dimakan.

Lemak bebek juga ditambahkan untuk menambah rasa yang kaya. Biayanya yakni USD 170 (4,1 juta dong Vietnam) dan tentu nilai yang sangat mengejutkan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dan, hanya lima mangkuk yang disajikan setiap hari. Restoran ini terletak di Vinpearl Landmark 81, Autograph Collection, yang merupakan hotel tertinggi di sana.

“Pho adalah hidangan nasional Vietnam, dapat dinikmati di mana saja dan kapan saja dan saya ingin memberi penghormatan dengan versi baru yang mewah ini,” kata Le Trung, koki eksekutif di restoran Oriental Pearl di Kota Ho Chi Minh.

Kuliner pho mahal seharga jutaan (Foto: CNN)

Trung mengatakan bahwa meskipun pho spesialnya menggunakan bahan-bahan impor berkualitas tinggi, ia mengikuti cara memasak tradisional. Ia merebus tulang sumsum, buntut sapi, ayam, dan iga dengan bumbu seperti kayu manis dan adas bintang selama dua hari.

“Itu menciptakan rasa yang sangat dalam dan kaya. Ini adalah gambaran ulang saya tentang salah satu hidangan paling populer di dunia,” kata Trung tentang kreasi kulinernya.

“Secara tradisional, pho belum dianggap sebagai santapan lezat. Namun kami telah berhasil meningkatkan cita rasa untuk membuat versi ini terasa sangat kaya dan memanjakan,” tegas dia.

Menambahkan daun emas, kata Trung, adalah untuk meningkatkan estetika hidangan. Sehingga pho tidak sekadar terlihat seperti semangkuk kuah mie biasa.

Bisa dibilang salah satu hidangan paling terkenal di Vietnam, pho bisa disantap pagi, siang, dan malam. Pho disajikan secara luas di seluruh negeri di rumah-rumah, warung pinggir jalan, dan restoran.

Meskipun disukai di seluruh dunia, pecinta kuliner dan pho mengatakan bahwa hidangan mie sederhana ini mencerminkan perubahan budaya, politik, dan ekonomi Vietnam.

Pada dasarnya, makanan ini terdiri dari bihun dengan kaldu sapi atau terkadang ayam, ditaburi bumbu dan daging yang diiris tipis.

Disajikan di gang-gang dan di sudut-sudut jalan di kota-kota Vietnam, biasanya harga semangkuknya berkisar antara USD 1,50-3.

Semangkuk pho Oriental Pearl yang memanjakan akan membuat Anda membayar kembali setidaknya 50 kali lipat. Dan itu bukan satu-satunya penawaran mahal di kota ini.

Restoran berbintang Michelin, Anan Saigon, juga menawarkan pho kelas atas. Mereka menggunakan bahan-bahan yang tidak biasa seperti kaviar, sake Jepang, ubur-ubur, dan irisan ikan sturgeon yang dibanderol USD 100.

Trung yakin persembahan terbarunya adalah semangkuk pho paling memanjakan di dunia.

Simak Video “Mencicipi Hidangan Istimewa Warung Tenda, Lampung”
[Gambas:Video 20detik]
(msl/wsw)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *