Jakarta –

Saat berlibur dan menginap di sebuah hotel, biasanya wisatawan akan meninggalkan kamar untuk menuju tempat wisata. Nah, jangan sembarangan pergi dan meninggalkan barang berharga di kamar.

Menginap di hotel dengan pengamanan tinggi tak menjamin kamar yang ditinggal sementara akan aman. Ada saja cara orang untuk berbuat jahat. Sehingga, traveler harus berhati-hati.

Cara Meninggalkan Kamar Hotel

Sebelum meninggalkan hotel untuk jalan-jalan, kamu perlu mengetahui hal yang harus dilakukan dan sebaiknya tidak dilakukan. Berikut di antaranya:


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. Jangan Bawa Pembungkus Kunci Hotel (Card Holder)

Umumnya, tamu hotel akan diberikan kunci kamar yang dibungkus dengan card holder. Menurut pramugari bernama Jessica Aamot, yang dikutip dari The Sun, salah satu kesalahan yang kerap dilakukan tamu saat check in di hotel adalah membawa card holder keluar kamar

Traveler tidak perlu membawa card holder keluar. Saat meninggalkan kamar, cukup bawa kuncinya saja.

Sebab, card holder atau pembungkus kartu kamar hotel berisi informasi pribadi, termasuk nama tamu, nama hotel beserta nomor kamar. Sehingga, ini sangat berbahaya jika traveler kehilangan kunci kamar beserta card holdernya.

Bayangkan jika hal tersebut terjadi, lalu ketika kembali ke hotel, barang-barang sudah dibobol oleh pencuri yang menemukan kunci beserta card holder yang membungkusnya. Selain itu, saat meninggalkan card holder di kamar, traveler juga diimbau untuk mengunci ganda pintu kamar. Sebab, pintu kamar hotel mudah dibobol hanya menggunakan beberapa perkakas saja.

2. Amankan Barang Berharga

Menurut buku The Lonely Planet Book of Everything yang dikutip oleh News Australia, traveler harus memastikan untuk menjaga barang-barang berharga dengan baik. Jangan meninggalkan uang, perhiasan atau paspor di dalam kamar hotel. Kalau memang harus ditinggalkan, letakkan di tempat yang tersembunyi.

Biasanya hotel menyediakan brankas yang bisa digunakan oleh tamu. Jadi, traveler bisa memanfaatkan fasilitas ini untuk menyimpan barang berharga.

3. Pastikan Lampu Menyala-Jendela Tertutup

Saat meninggalkan hotel untuk jalan-jalan, pastikan lampu kamar tetap menyala. Kamu juga bisa membiarkan televisi kamar tetap menyala.

Selain itu, tutup seluruh jendela, pintu, termasuk pintu balkon. Jika ada telepon dalam kamar, kecilkan volume dering seminimal mungkin. Sehingga orang lain tidak bisa mendengar ketika telepon berdering.

Rapikan barang bawaan masuk ke dalam koper. Jika membawa kunci, masukkan kunci juga ke dalam koper. Sehingga, jika ada orang lain yang masuk ke kamar, dia tidak akan menemukan apapun.

4. Jangan Kembalikan Kunci Kamar ke Resepsionis

Jika hanya ingin meninggalkan hotel sementara, tak perlu mengembalikan kunci kamar ke meja resepsionis. Hal ini sama saja kamu memberitahu banyak orang yang melihat bahwa kamu meninggalkan kamar.

Itulah empat cara meninggalkan kamar hotel yang perlu kamu ketahui. Jangan sampai kejadian yang tidak diinginkan terjadi karena. traveler tidak berhati-hati ketika meninggalkan hotel.

Simak Video “Berita Terpopuler: Jokowi ‘Offroad’ di Lampung-NasDem Tak Diundang di Istana”
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *