Caracas –

Di Venezuela, terdapat sebuah rumah yang dipenuhi oleh sebuah boneka dan tampak begitu menyeramkan. Mitos pun berkembang, pemiliknya disebut-sebut memiliki ilmu hitam.

Rumah itu disebut ‘Balkon Boneka’ karena letak para boneka yang nampak menyeramkan tersebut berada di sebuah balkon rumah di kota Caracas. Di balkon itu berjejer banyak kepala boneka tua yang tampak seolah-olah memerhatikan orang-orang yang lewat.

Melansir Oddity Central, Sabtu (21/10/2023) balkon dengan boneka-boneka tua tersebut berada di Avenida Este 12, antara Fuerzas Armadas dan Sur 5 dan dikenal sebagai sudut ‘El Muerto’ atau berarti orang mati. Bangunan dua lantai tersebut merupakan imajinasi dari penduduk setempat dan pengunjung ibu kota Venezuela.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berjalan melewati tempat ini, pengunjung bisa melaluinya dengan perlahan agar mendapatkan suasana misteriusnya. Traveler akan dapat melihat banyak boneka yang cukup menyeramkan dari kejauhan.

Pemandangannya di siang hari pun dinilai sudah cukup menyeramkan. Terlebih jika melihatnya di malam hari, itu dirasa benar-benar menyeramkan.

Yang membuat jejeran boneka ini nampak menyeramkan adalah warna boneka yang sudah mulai memiliki corak gelap. Itu didapatkan dari paparan sinar matahari, paparan air hujan, hingga kotoran yang menempel.

Legenda urban lokal pun telah beredar, khususnya di kota Caracas selama bertahun-tahun. Salah satu mitos yang paling populer adalah rumah dengan Balkon Boneka itu milik seorang pria tua bungkuk yang keluar di tengah malam untuk mencuri boneka anak-anak perempuan saat mereka tidur. Cerita semacam inilah yang membuat banyak orang berusaha menghindari rumah ini di malam hari.

Namun usut punya usut, ternyata balkon tersebut merupakan kreasi seniman visual lokal bernama Etanis Gonzalez. Seniman itu mengubah sebagian dari rumah menjadi museum dan balkon tersebut hanya salah satu dari sekian banyak instalasi karya seninya, menurut media lokal RT.

Putra Gonzalez, Jonathan menuturkan bahwa instalasi yang disebut menyeramkan ini terinspirasi dari truk milik seorang sopir Caracas yang dihiasi boneka. Ia mengaku keluarganya memiliki persahabatan dengan sopir yang bernama Jesus Poleo tersebut.

Ia menyebut butuh waktu tiga tahun bagi ayahnya untuk menyelesaikannya. Ayahnya menempelkan setiap kepala boneka secara manual, satu per satu, dengan penuh kehati-hatian.

Namun pada awalnya, balkon boneka tersebut sangat kontroversial di lingkungan sekitar. Beberapa tetangga Gonzalez pun mencoba mengumpulkan tanda tangan sebagai upaya untuk menurunkan kepala boneka tersebut.

Warga lokal ada yang mengira boneka tersebut sebagai perwujudan dari simbol setan. Selain itu, ada pula yang mengira bahwa boneka itu adalah bayi sungguhan. Hingga akhirnya semuanya menjadi tenang dan masyarakat menerima balkon tersebut sebagai objek wisata lokal.

Walau begitu Jonathan pun menyebut tak semua orang menyukai instalasi artistik karya Ayahnya. Ia menduga terdapat orang-orang yang membuat desas-desus tentang keluarganya yang melakukan sihir hitam di dalam rumah.

Simak Video “Pengalaman Seru, Membuat Gula Kelapa Khas Desa Cimerah, Pangandaran”
[Gambas:Video 20detik]
(wkn/fem)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *