Jakarta, CNN Indonesia —

Polisi mengamankan seorang pria buntut aksinya berjalan di tengah kepadatan lalu lintas dan mengganggu pemotor di sekitar Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Aksi pria tersebut diketahui terekam dalam sebuah video dan beredar di media sosial. Salah satunya diunggah akun Instagram @jakartaselatan24jam.

Kapolsek Mampang Prapatan Kompol David Yunior Kanitero mengatakan pihaknya langsung melakukan penelusuran setelah mendapat informasi terkait peristiwa itu.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO RESUME CONTENT

Salah satunya dengan mendatangi rumah kos tempat pria itu tinggal. Namun, di lokasi itu petugas tak mendapati sosok pria tersebut.

“Kemudian ada informasi dari warga bahwa yang bersangkutan terlihat di depan Gereja Santa Perawan Maria Ratu. Kapolsek dan anggota Polsek Mampang mendatangi tempat tersebut,” kata David saat dikonfirmasi, Kamis (14/9).

“Dan bertemu dengan orang yang dimaksud, (ditemukan kemarin) sekitar pukul 21.00 WIB,” sambungnya.

Kata David, pria tersebut mengaku bernama Fransiskus Xaverius Ruban. Namun, hal ini belum bisa dikonfirmasi lantaran tak ditemukan kartu identitas pada pria tersebut.

Selain itu, lanjut David, pria itu juga mengaku berasal dari daerah Pulai Kei, Maluku. Meski begitu, ia mengaku memiliki kerabat di Jakarta.

“Di sini enggak ada keluarga, kerabat saja. Yang kasih dia baju juga kerabatnya,” ujarnya.

Di sisi lain, David menduga pria tersebut merupakan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Sebab, yang bersangkutan tidak nyambung saat diajak berkomunikasi.

Sejumlah warga yang mengaku sempat bertemu dan berbincang dengan pria itu juga menduga yang bersangkutan seorang ODGJ.

“Sudah dua harian begitu,” ucap David.

Lebih lanjut, David menuturkan pria tersebut setelahnya dibawa ke RSUD Duren Sawit sesuai rekomendasi dari Dinas Sosial.

“Dibawa ke RSUD Duren Sawit selanjutnya akan dilakukan pengobatan ODGJ,” ujarnya.

[Gambas:Instagram]

Dalam video yang diunggah akun Instagram @jakartaselatan24jam, pria diduga ODGJ itu terlihat mengenakan celana panjang, kemeja berwarna biru muda, kacamata hitam serta tas selempang.

Masih dalam video itu, tampak pria tersebut berjalan di bahu jalan. Kemudian, pria itu tampak menghadang pemotor yang sedang melintas, namun hanya sesaat.

“Seorang pria diduga ODGJ mengganggu dan membahayakan keselamatan pengguna jalan raya lainnya, lokasi di sebrang Kantor Pos Tendean Mampang Prapatan, Jaksel. Pria tersebut berjalan kearah hotel Maharadja,” demikian keterangan dalam unggahan tersebut.

(dis/ugo)

[Gambas:Video CNN]

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *