Jakarta, CNN Indonesia —

Sutradara Christopher Nolan menilai Oppenheimer sebagai film tersukses yang pernah ia garap. Salah satu alasan penilaian itu muncul dari pendapatan film tersebut sejak tayang pada Juli 2023.

Dalam pemberitaan Empire pada Senin (18/12), Nolan pun menyinggung capaian film garapan terbarunya itu dengan kondisi industri film yang sangat baik.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Saya baru saja membuat film tiga jam tentang Robert Oppenheimer, yang ber-rating R dan separuh berwarna hitam-putih – dan film itu menghasilkan satu miliar dolar,” kelakar Nolan seperti dikutip dari Deadline, Senin (18/12).

“Tentu saja saat ini menurut saya industri perfilman berjalan dengan baik. Hal paling gila adalah bahwa film ini [Oppenheimer] sebenarnya adalah film paling sukses yang pernah saya buat,” cetusnya.

Menurut laporan Deadline per 18 Desember, film biopik karya Nolan itu telah meraup US$951 juta atau sekitar Rp14,7 triliun (US$1= Rp15,507) secara global.

Film Oppenheimer juga menyalip garapan Nolan sebelumnya, Dunkirk, yang mengumpulkan US$525,2 juta saat tayang pada 2017.

[Gambas:Video CNN]

Nolan kemudian berbicara mengenai angka-angka tersebut dan menyoroti kiprah panjangnya di industri perfilman yang telah berjalan lebih dari dua dekade.

Berkaca melalui besaran angka yang ia dapatkan melalui biopik seorang penemu bom atom, Nolan kembali memastikan bahwa industri perfilman saat ini masih berada di langkah yang tepat.

“Saya sudah melakukannya selama 20 tahun dan di Inggris, ini adalah film dengan pendapatan tertinggi saya,” tegas Nolan. “Jadi, saya merasa baik tentang kondisi industri film berdasarkan pengalaman saya sendiri,” sambungnya.

Tak hanya itu, Nolan juga menyoroti keberlangsungan industri film yang sehat berkat performa sukses film-film lain, hingga menarik para “penonton kembali” ke layar lebar.

Berdasarkan situs Box Office Mojo per September 2023, Oppenheimer juga sukses mencatatkan rekor lain.

Biopik itu mampu melengserkan Bohemian Rhapsody yang tadinya menduduki tahta film biopik terlaris di dunia. Film yang dibintangi Rami Malek itu meraup US$910 juta secara global ketika tayang pada 2018.

Meski demikian, Oppenheimer masih harus puas duduk di posisi ketiga film terlaris sepanjang 2023. Ia masih jauh ketinggalan dari film Barbie yang duduk manis di posisi puncak.

Oppenheimer mengisahkan sosok fisikawan teoretis bernama J. Robert Oppenheimer (Cillian Murphy) yang dikenal sebagai Bapak Bom Atom. Ia memimpin para ilmuwan dalam proyek rahasia AS untuk menciptakan bom atom pertama di dunia.

Film tersebut dibintangi sejumlah aktor ternama, seperti Cillian Murphy, Emily Blunt, Matt Damon, Robert Downey Jr., hingga Florence Pugh.

(far/chri)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *