Jakarta, CNN Indonesia —

Sejumlah wilayah sudah memasuki musim hujan lebih dulu. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut sebagian besar daerah tanah air lainnya baru akan masuk musim hujan pada November.

“Jadi awal musim hujan secara umum diprediksi akan terjadi pada bulan November 2023 Namun karena tingginya keragaman iklim di Indonesia menyebabkan awal musim hujan tidak terjadi secara serentak di seluruh wilayah saat ini beberapa zona musim,” ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers daring, Jumat (8/9).

Awal musim hujan ini terbilang lambat akibat sejumlah hal, di antaranya fenomena El Nino dan Indian Ocean Dipole (IOD).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO RESUME CONTENT

Menurut BMKG, El Nino yang tiba sejak Juni dan terus menguat belakangan kini sudah mencapai level moderat dan diperkirakan bertahan hingga awal 2024. Sedangkan IOD positif yang berada pada Index +1.05 diperkirakan akan bertahan hingga akhir 2023.

Meski secara umum awal musim hujan datang terlambat, Dwikorita memaparkan beberapa wilayah saat ini sudah memasuki musim hujan.

Wilayah-wilayah tersebut adalah sebagian besar Aceh yang lebih dekat ke arah Asia, sebagian besar Sumatra Utara, sebagian Riau, Sumatra Barat bagian tengah, dan sebagian Kepulauan Riau.

Pada September, musim hujan akan terjadi di wilayah Sumatra Barat dan Riau bagian selatan.

“Lalu kemudian Sumatra bagian tengah dan selatan lalu secara hampir berurutan diikuti di Kalimantan, Jawa kemudian secara bertahap akan mendominasi hampir seluruh wilayah Indonesia musim hujan ini pada periode Maret 2024,” papar Dwikorita.

Berikut runutan waktu prakiraan kedatangan musim hujan menurut BMKG:

September

Sebagian Sumatra Barat dan Riau bagian selatan.

Oktober

Jambi, Sumatra Selatan bagian utara, Jawa Tengah bagian selatan, sebagian Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah bagian barat, sebagian besar Kalimantan Timur.

November

Sumatra Selatan, Lampung. sebagian besar Banten, Jakarta, Jawa Barat, sebagian besar Jawa Tengah, sebagian Jawa Timur, Bali, sebagian kecil NTB, sebagian kecil NTT;

Sulawesi Utara, Gorontalo, sebagian Sulawesi Tengah, sebagian besar Sulawesi Selatan, Maluku Utara bagian utara, dan Papua Selatan bagian selatan

Desember

Jawa Timur bagian utara, sebagian besar NTB, sebagian besar NTT, sebagian besar Sulawesi Tenggara, dan Maluku.

[Gambas:Video CNN]

(lom/arh)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *