Jakarta, CNN Indonesia —

Sekretaris Jendral Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Aboe Bakar Al-Habsyi menitipkan pesan kepada Menko Polhukam Mahfud MD agar mengupayakan Pilpres 2024 dapat dilakukan dengan skema tiga pasangan calon (paslon).

Aboe berpendapat head to head atau dua paslon saja bakal menimbulkan polarisasi layaknya Pilpres 2019.

“Menurut saya hindari ada dua paslon di Pilpres. Pak Mahfud, saya titip bener, jangan ada dua paslon deh, bahaya,” kata Aboe dalam ‘Forum Diskusi Pemilu’ yang disiarkan melalui kanal YouTube Kemenko Polhukam RI, Rabu (13/9).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO RESUME CONTENT

Aboe juga meminta agar Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto dan Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani yang hadir sebagai pembicara dalam acara itu untuk membantu harapan PKS mewujudkan Pilpres 2024 dengan tiga paslon.

“Eh, Dr Hasto, Dr Muzani saya titip, sama-sama, jangan dua paslon, tiga,” kata Aboe.

“Empat,” jawab Muzani, sementara Hasto hanya tersenyum.

“Tiga saja, sudahlah. Saya yakin pak Mahfid bisa mampu mengatasi ini dan mengendalikan ini dengan baik. supaya tidak terjadi polarisasi yang tajam, keras, dan panas,” lanjut Aboe.

Aboe selanjutnya mengatakan polarisasi masyarakat dalam beberapa tahun menjadi masalah serius di berbagai negara. Polarisasi menurutnya dapat berdampak negatif pada stabilitas politik dan sosial suatu negara.

Dengan demikian, Aboe menilai penting untuk mengidentifikasi dan menerapkan strategi mitigasi konflik yang efektif untuk mencegah polarisasi masyarakat dalam kontestasi politik tahun depan.

“Orang asli Manado disebutnya kawanua. Emak di Papua disebutnya mamak-mamak. Pemily 2019 beri pelajaran untuk kita semua. Pemilu 2024 jangan masuk ke lubang yang sama,” katanya dalam sebait pantun.

Politikus PDIP Aria Bima sebelumnya berharap para ketua umum partai politik di Indonesia duduk bersama dan saling bermusyawarah untuk membahas Pilpres 2024. Ia pun menilai apabila terjadi mufakat, maka bisa saja Pilpres 2024 hanya diikuti dua paslon saja.

Sementara sejauh ini, sudah ada tiga kandidat bakal capres yang telah diusung sejumlah parpol atau koalisi. Mereka yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto. Dari ketiga nama itu, hanya Anies yang sudah mendeklarasikan cawapres Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

“Ini menarik ini adalah dinamika yang kita harapkan antar tokoh ini mufakat, dari pada nanti bertemu di simpang jalan, pada saat misalnya putaran kedua,” kata Aria di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (12/9).

Peta koalisi terkini

Adapun partai politik (parpol) parlemen maupun non parlemen sudah melabuhkan dukungan mereka kepada tiga pilihan bakal calon presiden dalam kontestasi politik 2024. Ketiga bacapres tersebut yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto.

Prabowo saat ini didukung oleh partai parlemen yakni Gerindra, Golkar, dan PAN. Sementara untuk parpol non parlemen, Prabowo didukung oleh PBB, Gelora, dan Garuda. Gerindra sebelumnya juga memberikan kode PSI bakal merapat ke mereka.

Selanjutnya, Anies saat ini didukung oleh parpol parlemen NasDem, PKB, dan PKS. Anies juga mendapatkan dukungan dari parpol non parlemen yakni Partai Ummat melalui hasil Rakernas I pada Februari 2023 lalu.

Adapun, Anies semula mendapatkan dukungan dari Demokrat, namun parpol yang dipimpin oleh AHY itu resmi mencabut dukungan mereka ke Anies pada 1 September lalu menyusul Anies yang mendapuk Ketua Umum PKB Muhaimin Iskndar alias Cak Imin sebai bakal cawapresnya.

Kemudian, Ganjar Pranowo mendapat dukungan parpol parlemen PDIP dan PPP. Namun yang perlu diketahui, PDIP sedari awal menjadi satu-satunya parpol yang bisa mengusung paslon capres dan cawapres tanpa harus berkoalisi.

Dalam koalisi Ganjar, mereka juga mendapatkan dukungan dari parpol non parlemen, yakni Partai Hanura dan Perindo.

Sementara itu, parpol peserta pemilu lainnya seperti PKN, Partai Buruh, dan PSI belum menentukan dukungan mereka secara resmi. Pun Demokrat hingga kini masih memutuskan untuk sendiri dan mengaku berada di antara dua pilihan, yakni antara ke Ganjar atau Prabowo.

(khr/DAL)

[Gambas:Video CNN]

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *