Yogyakarta –

Kecelakaan kereta api (KA) Argo Semeru dengan Argo Wilis di Sentolo berdampak pada kereta lain. Tak ada kepastian berangkat, traveler antre refund tiket.

Kecelakaan terjadi pada Selasa (17/10/2023) di Sentolo, Kulon Progo. Awalnya, KA Argo Semeru berangkat dalam kondisi normal. Namun tiba-tiba saja, kereta itu anjlok dan menyebabkan benturan dengan kereta Argo Wilis.

Pantauan detikJogja di Stasiun Tugu Jogja pukul 10.00 WIB, antrean di loket KA Jarak Jauh mengular hingga ke luar ruangan. Memanjang sekitar 200 meter hingga ke depan pintu masuk selatan stasiun.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sebagian dari calon penumpang sudah membawa tas-tas besar dan koper-koper. Petugas dari KAI pun menyebar untuk membantu memberikan informasi bagi calon penumpang yang bingung.

Salah satu calon penumpang, Salfa warga Jogja, yang hendak ke Jakarta, mengatakan semestinya jadwal keberangkatannya pada sore nanti. Namun, tidak ada kepastian berangkat atau tidaknya KA, ia pun memilih untuk membatalkan keberangkatan.

“Kayaknya cancel aja, pertimbangannya tadinya kalau mau berangkat dari Solo pun kayaknya bakalan jadwalnya tuh nggak sesuai keberangkatannya,” ujar Salfa saat ditemui detikJogja di Stasiun Tugu, Rabu (18/10).

“Tadi sempet dengar informasi juga, keberangkatan dari Solo juga mengalami keterlambatan,” dia menambahkan.

Salfa menambahkan informasi yang ia dapatkan dari KAI di Stasiun Tugu pun belum bisa memastikan kapan keberangkatan KA akan normal kembali.

“Kayaknya mau ganti moda transportasi lain aja gitu,” kata dia.

Calon penumpang lain, Aji warga Jogja menyoroti soal sistem di aplikasi KAI Access. Menurutnya, di aplikasi semua rute masih bisa dipilih.

“Tadi saya akses dari pagi kan yang tiket Taksaka Purwokerto masih bisa, artinya kalau seperti itu kan nggak ada masalah. Tiba di stasiun, seperti ini, informasinya masih belum bisa dipastikan berangkat atau nggak,” ujarnya kepada detikJogja.

Aji yang harusnya berangkat ke Purwokerto menggunakan KA Taksaka pagi tadi pukul 08.45 WIB, akhirnya memilih untuk me-refund tiketnya lantaran tak ada kejelasan.

“Saya batalkan, reschedule aja,” ujar dia.

Hingga berita ini ditulis, KAI belum merilis resmi soal jadwal kereta apa saja yang dibatalkan, atau tidak bisa diberangkatkan.

***

Baca berita selengkapnya di sini.

Simak Video “Kecelakaan KA di Sentolo, KAI Minta Maaf-Rekayasa Pola Operasi”
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *