Jakarta –

Pameran bertema transportasi akan terselenggara di Plenary Hall Jakarta Convention Center (JCC). Pameran itu bertajuk Hub Space x KAI Expo dan diharapkan menjadi momentum perpindahan masyarakat ke transportasi publik.

Pameran ini akan berlangsung tiga hari, tepatnya pada Jumat (29/9/2023) hingga Minggu (1/10/2023). Di dalamnya akan ada berbagai pengenalan transportasi baik transportasi publik maupun transportasi modern. Mobil listrik, EHang atau taksi terbang, dan instalasi kereta cepat akan dihadirkan di sini.

Menteri Perhubungan Budi Karya berharap event kali ini untuk merayakan Hari Perhubungan Nasional pada 17 September lalu. Selain itu, ia berharap event kali ini bisa menjadi momentum terbentuknya budaya transportasi publik.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Nah ini adalah suatu momentum tertentu, terbukti bahwa Jakarta polusi nomor satu. Dan ada juga solusi kita ada LRT, kereta cepat, MRT. Secara kebetulan itu adalah visi misi Pak Presiden, mengubah budaya baru, untuk transportasi massal, dalam kota maupun luar kota,” ujarnya saat meninjau lokasi event di JCC, Kamis (28/9/2023).

Event kali ini disebut sebagai fondasi awal agar masyarakat dapat mengenal dan memiliki mindset untuk menggunakan transportasi publik.

“Ini kita meletakkan dasar dan mindset bagi anak muda jujurnya. Karena kalau anak muda yang punya mindset itu viral, kalau viral semua didukung,” dia menambahkan.

Ia menekankan masalah kemacetan saat ini yang sudah sangat parah di Jakarta dan menimbulkan berbagai efek domino, seperti misalnya polusi.

“Kalau transportasi itu sebenarnya common, orang menganggap transportasi itu, ya udah, kewajiban pemerintah untuk melaksanakannya. Akibatnya suka-suka sendiri. Yang naik sepeda motor, naik mobil, intinya adalah mereka individual, nggak mikirin orang lain, dan akibatnya sekarang macet, polusi. Dan itu mahal semuanya gitu,” keluhnya.

Budi menyebut ia bertugas memupuk rasa semangat dan optimistis bagi masyarakat dan insan transportasi. Sehingga ia juga mendukung adanya event hiburan yang menghiasi pameran kali ini. Ia menyebut event hiburan yang meliputi konser, lomba, hingga penampilan Stand Up Comedy bisa menjadi jalan masuk bagi edukasi.

“Biasanya, satu hal yang tidak dapat diterima dengan nalar, harus kita masuk dengan budaya-budayanya mereka, setelah itu masuk, dan akhirnya kita harapkan mereka menjadi orang yang memiliki mindset transportasi massal menjadi keharusan,” kata dia.

“Semuanya heboh, pamerannya itu ada kereta cepat, ada MRT, ada goto dengan aplikasi yang modern, terus ada kereta cepat skala satu banding satu, bisa foto-foto di sini bisa selfie. Dan acaranya keren banget. Doorprizenya ada lima motor listrik dan ada Kahitna, ada JKT48, dan ada Pasha Ungu. Saya juga mau datang tiap hari, kalau bisa tidur di sini,” ia menambahkan.

Simak Video “Lagi di Luar Kota, Menhub Minta KPK Jadwal Ulang Pemeriksaan”
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *