Jakarta, CNN Indonesia —

Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) memecat pelatih Hansi Flick beserta dua asistennya Marcus Sorg dan Danny Rohl, Minggu (10/9).

Presiden DFB Bernd Neuendorf menyatakan hasil-hasil mengecewakan timnas Jerman di bawah arahan Flick menjadi acuan keputusan pemecatan. Padahan Die Mannschaft akan menjadi tuan rumah dalam ajang Piala Eropa tahun depan.

“Komite sepakat bahwa timnas Jerman membutuhkan hasil yang lebih baik setelah hasil mengecewakan belakangan ini. Menjelang Piala Eropa musim panas mendatang, kami membutuhkan kepercayaan diri dan optimisme terkait tim kami,” ujar Neuendorf dikutip dari situs DFB. 


ADVERTISEMENT


SCROLL TO RESUME CONTENT

“Ini adalah salah satu keputusan tersulit yang harus saya ambil selama saya menjalankan peran ini karena saya sangat menghormati Hansi Flick dan asistennya, baik secara profesional maupun pribadi. Kesuksesan olahraga adalah hal yang paling penting bagi DFB, itulah sebabnya keputusan ini harus diambil,” katanya melanjutkan.

Kekalahan 1-4 dari Jepang dalam laga uji tanding FIFA Match Day menambah daftar buruk Jerman dalam laga internasional. Sebelumnya, sepanjang 2023, Jerman kalah dari Kolombia, Polandia, dan Belgia. Selain itu Jerman juga bermain imbang melawan Ukraina. Kemenangan terakhir dituai saat bertemu Peru pada Maret 2023.

Selanjutnya Jerman akan berhadapan dengan Prancis dalam ajang uji coba, Selasa (12/9). Pada laga tersebut, Jerman akan ditangani Direktur Teknik Rudi Voller yang menjadi pelatih sementara Jerman didampingi Hannes Wolf dan Sandro Wagner.

“Hansi Flick bekerja sangat keras selama beberapa bulan terakhir dengan tim pelatihnya untuk mencoba membalikkan keadaan setelah Piala Dunia di Qatar. Sayangnya, dia belum mampu melakukannya. Pertandingan Jepang jelas menunjukkan kami bahwa kami tidak dapat melanjutkan seperti ini,” jelas Voller.

Sebelumnya Voller memiliki keyakinan Flick bisa mengubah situasi, namun kekalahan telak dari Jerman membuatnya mengambil jalan lain.

“Tugas kami yang paling mendesak adalah menemukan pelatih baru yang dapat membantu memberikan dorongan segar bagi tim dan kemudian dapat mempersiapkan mereka untuk EURO 2024 tahun depan,” tukas mantan pemain timnas Jerman tersebut.

Flick juga sebelumnya gagal membuat Jerman bersinar di Piala Dunia 2022. Pelatih yang menangani Jerman sejak 2021 sebagai pengganti Joachim Low itu tak bisa membawa Kai Havertz dan kawan-kawan melewati fase grup.

[Gambas:Video CNN]

(nva/nva)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *