Kulon Progo –

Kecelakaan kereta api (KA) Argo Semeru dan KA Argo Wilis terjadi di dekat Stasiun Kalimenur, Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Begini kesaksian salah satu penumpang KA Argo Semeru.

Penumpang bernama Sugeng Wiyanto itu mengungkapkan kereta api yang dinaikinya sempat anjlok sebelum akhirnya keluar dari rel.

“Tadi tahu-tahu gerbang kita terasa anjlok, terutama yang di rangkaian kedua dan ketiga. Kebetulan kami di rangkaian kedua,” Sugeng saat ditemui detikJogja di lokasi, Selasa (17/10/2023).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Untungnya tadi tuh kecepatan rendah, coba kalau tinggi parah pasti,” dia menambahkan.

Diberitakan sebelumnya, kecelakaan kereta terjadi jalur rel Sentolo, Kulon Progo, DIY, siang ini. Kecelakaan itu terjadi di dekat Stasiun Kalimenur, Sentolo.

Kecelakaan dilaporkan pada sekitar pukul 13.30 WIB, Selasa (17/10).

“Laporan diterima jam 13.30 WIB. Info yang diterima melibatkan Argo Semeru dengan Argo Wilis,” kata personel Damkar Kulon Progo, Nevo saat ditemui di lokasi, Selasa (17/10).

Nevo menjelaskan, menurut informasi dari penumpang dan petugas KAI, kecelakaan kereta api itu bermula saat kereta KA Argo Semeru dari Surabaya ke Jakarta tiba-tiba tergelincir dari rel. Sementara itu dari arah Bandung ke Surabaya melaju kereta KA Argo Wilis yang kemudian menabrak gerbong Argo Semeru.

“Argo Semeru dari Surabaya arah Jakarta tergelincir. Kemudian yang Argo Wilis Bandung ke Surabaya menabrak ekor Argo Semeru,” kata dia.

Nevo mengatakan informasi sementara tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

“Infonya tidak ada (korban jiwa), hanya luka-luka,” dia menjelaskan.

Penumpang Dievakuasi

Pantauan terkini, penumpang KA Argo Semeru yang terlibat kecelakaan dengan KA Argo Wilis di jalur rel ruas Sentolo, Kulon Progo akhirnya dievakuasi. Evakuasi menggunakan kereta Bandara YIA.

Dari pantauan detikJogja di lokasi, ratusan penumpang KA Argo Semeru mulai memasuki gerbong KA Bandara YIA pada sekitar pukul 14.40 WIB. Para penumpang ini akan dibawa menuju Stasiun Wates untuk selanjutnya diberangkatkan ke Jakarta menggunakan kereta lain.

“Ini nanti mau dibawa ke Stasiun Wates, terus rencananya dioper ke kereta lain untuk ke Jakarta,” ujar salah satu penumpang KA Argo Semeru saat ditemui di lokasi, Selasa (17/10).

Penumpang KA Argo Semeru menjadi prioritas evakuasi karena KA Argo Semeru yang mereka tumpangi rusak. Diketahui gerbong KA Argo Semeru keluar jalur dan ringsek.

Sedangkan untuk penumpang KA Argo Wilis saat ini masih berada di dalam kereta. Kondisi KA Argo Wilis berdasarkan pengamatan detikJogja tidak mengalami kerusakan.

***

Artikel ini telah tayang di detikJogja.

Simak Video “Kecelakaan KA di Sentolo, KAI Minta Maaf-Rekayasa Pola Operasi”
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *