Jakarta – Korea merupakan salah satu destinasi yang banyak dituju oleh wisatawan di musim liburan. Hal ini disebabkan, banyak orang yang terkesima dengan negara asal Hallyu Wave yang menjamur secara global.

Mulai dari keindahan alam, bangunan tinggi yang menjulang, teknologi mumpuni di setiap fasilitas umum yang ada, cerita budaya yang unik, dan itu semua mampu menghipnotis banyak orang untuk berbondong-bondong datang ke sana.

Namun sebagian orang, khususnya umat muslim mungkin masih ragu untuk mengunjungi Korea mengingat mayoritas warganya merupakan non-muslim. Tetapi hal ini tak perlu dikhawatirkan, sebab kini Korea telah mengembangkan wisata halal yang tentunya ramah muslim.

Selain Seoul, ada juga Gyeonggi yang ramah muslim. Jarak dari Seoul ke Gyeonggi kurang lebih sekitar 32 kilometer (km).

Waktu tempuh menuju Gyeonggi dari Seoul sekitar 2 jam perjalanan. Adapun moda transportasi yang tersedia untuk menuju Gyeonggi seperti taksi, bus, subway dan kereta.

Gyeonggi merupakan provinsi paling padat di Korea dengan populasi 13 juta penduduk atau seperempat dari penduduk Korea. Provinsi ini telah memainkan peran penting sejak tahun 18 SM ketika negara ini terbagi menjadi tiga kerajaan.

Hingga saat ini, Gyeonggi masih memainkan peran penting bagi pariwisata, bisnis, ekonomi dan teknologi di Korea.

Di samping itu, Gyeonggi juga memiliki beberapa kawasan wisata halal yang wajib didatangi saat berlibur di sana. Kira-kira apa saja ya? Yuk simak daftarnya di bawah ini:

1.Masjid Ansan

Ansan Masjid Islamic Center (dok. Visit Korea)

Masjid Ansan terletak di 16-1, Wongokgongwon-ro, Danwon-gu, Ansan-si, Gyeonggi-do. Sudah menjadi tempat ibadah muslim yang permanen. Masjid ini menjadi salah satu destinasi favorit turis muslim.

Pemimpin di Masjid ini berasal dari Bangladesh, yang dipilih oleh para imigran Islam di Korea. Masjid ini biasanya digunakan oleh para imigran Muslim dari Bangladesh, Pakistan, dan Indonesia yang bekerja di dekat Kompleks Industri Ansan.

Dibuka untuk umum mulai jam 10.00 hingga 19.00, Masjid Ansan sudah dilengkapi dengan partisi untuk Ikhwan (laki-laki) dan Akhwat (perempuan), Al-Qur’an, sajadah, dan juga tempat wudhu yang nyaman.

2.Bukmun Seafood

Bukmun Seafood merupakan restoran halal yang terletak di 27, Jeongjo-ro 922beon-gil, Jangan-gu, Suwon-si, Gyeonggi-do. Seperti namanya, restoran ini menyajikan menu seafood khas Korea.

Selain seafood, resto ini juga menyajikan menu olahan daging lainnya seperti ayam, sapi, sapi, dan domba. Bukmun Seafood buka pukul 11.00-22.00 dan tutup Senin pekan pertama di tiap bulannya.

Perlu diketahui, Bukmun Seafood merupakan salah satu resto Muslim Friendly di Gyeonggi. Sehingga, menu – menu di restoran ini sudah terjamin status Halal-nya.

Restoran ini memiliki menu andalan di antaranya Spicy Stewed Seafood dan Seafood Soup. Kedua menu tersebut bisa didapatkan dengan harga KRW 65.000 atau Rp 775.000.

3.Chungmyung

Stir Fried Webfoot Octopus with Rice (Foto: dok. Visit Korea)

Rekomendasi restoran halal lainnya yang berlokasi di Gyeonggi yaitu Chungmyung. Restoran ini menyediakan menu khas Korea yang berbahan dasar seafood, ayam, daging sapi, dan domba.

Tak hanya menyediakan menu halal, Chungmyung juga menyediakan fasilitas seperti parkir, toilet terpisah (laki-laki dan perempuan). Restoran ini pastinya muslim friendly sebab menyediakan mushola, dan sajadah untuk turis beribadah.

Restoran yang terletak di 48, Gwonjung-ro 56beon-gil, Gwonseon-gu, Suwon-si, Gyeonggi-do buka setiap hari pukul 10.00-22.00. Adapun menu favorit di Chungmyung di antaranya Soybean Paste Stew (KRW 7.000 atau Rp 83.000) dan Grilled Seerfish (KRW 9.000 atau Rp 107.000).

4.Daewang Samgyetang

Daewang Samgyetang (dok. Visit Korea)

Samgyetang atau sup ayam ginseng khas Korea kaya akan protein dan cocok dinikmati di musim dingin seperti saat ini. Di Gyeonggi, turis bisa menikmati menu ini di restoran Daewang Samgyetang.

Restoran ini beroperasi mulai pukul 10.00-21.00. Daewang Samgyetang juga buka setiap hari kecuali hari Minggu pekan pertama dan ketiga setiap bulannya.

Sama seperti Chungmyung, restoran ini juga menyediakan fasilitas untuk beribadah seperti sajadah dan mushola. Menu yang paling banyak dipesan oleh konsumen yaitu Ginseng Chicken Soup with Abalone (KRW 15.000 atau Rp 179.000) dan Ginseng Chicken in Chinese Lacquer Tree Broth (KRW 12.000 atau Rp 143.000).

Itu adalah destinasi wisata halal di Gyeonggi yang bisa dicoba. Nah, agar selama perjalanan kamu semakin nyaman yuk ikut perjalanan wisata halal di Korea bersama Myhajiumroh.
(adv/adv)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *