Jakarta –

Museum Nasional berencana akan tutup selama satu tahun untuk pemulihan pasca kebakaran pada 16 September lalu. Hal ini diungkapkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) beberapa waktu lalu.

“Museum akan kita tutup sementara bahkan kemungkinan bisa setahun, kita akan melakukan (pembenahan) betul sampai dia oke baru kita akan buka,” kata Sekretaris Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek Fitra Arda, pada diskusi publik, di Museum Toeti Heraty, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (25/9/2023) seperti yang dikutip dari Antara.

Usai pihak museum menyatakan menutup sementara museum tersebut hingga waktu yang akan ditentukan, Fitra memperkirakan seluruh proses mulai dari renovasi gedung hingga restorasi koleksi museum akan dilakukan hingga setahun ke depan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Meski demikian, Fitra mengatakan berbagai layanan MNI masih tetap dapat digunakan, secara virtual maupun menggunakan unit museum lain.

“Tapi tidak mengurangi layanan, layanan masih bisa digunakan,” kata dia.

Dilihat dari Instagramnya, postingan terakhir Museum Nasional berada di tanggal 26 September menyoroti rangkaian diskusi terbatas dengan para komservator, arkeolog, antropolog, budayawan, kurator dan akademisi dari dalam negeri dan luar negeri.

Benda-benda yang rusak sedang diidentifikasi

Sebanyak 817 koleksi museum rusak gara-gara kebakaran. Pada hari Rabu (27/9) pengelola Museum Nasional mengklaim telah berhasil mengidentifikasi sebanyak 243 koleksi dari 817 koleksi bersejarah yang terdampak.

“Ruangan pameran koleksi prasejarah, perunggu, dan sebagian terakota telah berhasil di evakuasi. Kami juga sudah mulai mengevakuasi ruangan koleksi keramik,” kata Ahmad Mahendra, Plt Kepala Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya (MCB) dalam keterangan resminya.

“Tenaga ahli tambahan untuk tim identifikasi juga kita galakkan guna mempercepat proses tahapan identifikasi. Hingga hari ini terdapat 243 koleksi yang berhasil kami identifikasi,” Mahendra menambahkan.

Bersamaan dengan berjalannya evakuasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek), yang membawahi Museum Nasional, dikabarkan terus menjalin komunikasi intensif dengan para ahli, komunitas, dan mitra di dalam dan luar negeri. Itu untuk merancang rencana pemulihan Museum Nasional dan perbaikan kualitas museum dan cagar budaya secara umum.

Semoga Museum Nasional cepat pulih dan segera dibuka kembali menyambut para traveler pecinta sejarah.

Simak Video “Progres Evakuasi Benda Bersejarah Usai Museum Nasional Kebakaran”
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *