Jakarta, CNN Indonesia —

Rambut yang tipis dapat memengaruhi penampilan. Sebab, rambut tipis biasanya akan terlihat lepek dan cenderung sulit ditata.

Namun tenang, ada cara menata rambut tipis yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah tanpa perlu ke salon.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Rambut tipis bisa disebabkan oleh sejumlah hal, seperti genetik, stres, kurang gizi, penyakit, dan kerontokan. Selain itu, ketebalan rambut juga bisa berkurang karena penggunaan bahan kimia cukup sering dilakukan.

Di samping memberikan perawatan khusus untuk rambut, kamu bisa menyiasatinya dengan teknik penataan yang membuat rambut tipismu menjadi lebih bervolume.

Berikut cara yang bisa kamu lakukan untuk menata rambut tipis.

1. Blow dry

Pemilik rambut tipis dapat mengeringkan rambut dengan cara blow dry. Blow dry merupakan proses mengeringkan rambut sekaligus menatanya dengan menggunakan hair dryer dan sisir bulat.

Blow dry akan menghasilkan rambut yang bervolume dan tertata. Namun sebelum mengeringkan rambut dengan hairdryer, kamu bisa mengaplikasikan heat protectant terlebih dahulu.

Kemudian blow rambutmu, khususnya di bagian atas atau pangkal rambut lalu turun perlahan ke ujung rambut.

Selain dengan sisir, kamu bisa mencoba teknik blow dry terbalik. Maksudnya, keringkan rambut pakai hair dryer dengan posisi kepala terbalik. Tujuannya agar akar rambut terangkat dan memberikan hasil rambut yang bervolume.

2. Coba model rambut updo




Ilustrasi. Cara menata rambut tipis dengan mencoba gaya updo. (iStockphoto/jacoblund)



Kamu bisa menggunakan gaya updo sebagai cara menata rambut tipis. Updo merupakan jenis penataan rambut dengan mengangkat seluruh helai rambut sehingga menampakkan area leher.

Gaya updo yang bisa dicoba adalah kuncir kuda yang tinggi. Kamu juga bisa mencoba half-updo hingga pammy updo dan tambahkan aksen keriting untuk memberikan efek rambut yang lebih tebal dan bervolume.

3. Poni tipis

Selain membingkai wajah, poni tipis memberikan efek seolah-olah rambut lebih tebal dan penuh.

Dikutip dari laman Instyle, ini karena poni tipis dapat menambah elemen tekstur yang lembut sehingga rambut tipis jadi tampak lebih bervolume.

4. Coba gaya rambut bob atau lob

Gaya rambut bob dan lob bisa menjadi solusi untuk pemilik rambut tipis. Model lob, bob, midi, dan pixie atau mixie sangat cocok untuk membuat rambut tipis terlihat lebih tebal.

Potongan bob biasanya memiliki panjang tepat segaris dengan rahang. Rambut ini biasanya dibuat lebih bertekstur dan tidak memiliki banyak layering.

Selain cocok untuk rambut tipis, potongan ini juga cocok untuk bentuk wajah oval.

Sementara itu, rambut lob biasanya memiliki panjang di bawah rahang atau mencapai bahu. Berbeda dengan bob, potongan lob memiliki layering cukup banyak dan biasanya cocok untuk pemilik wajah kotak atau bulat.

5. Potongan shaggy

Potongan shaggy memberikan dimensi dan tekstur pada rambut sehingga akan tampak penuh dan berlapis-lapis.

Meski demikian, hindari layer yang berlebihan karena akan berdampak tidak seimbang pada wajah. Minta pada hair stylist kamu untuk menyesuaikan jenis layer dan bentuk wajahmu.

6. Aplikasikan dry shampoo




Ilustrasi. Cara menata rambut tipis dengan mengaplikasikan dry shampoo. (iStockphoto/Liudmila Chernetska)



Dry shampoo atau sampo kering bisa digunakan untuk menata rambut agar lebih bervolume dan mempertegas bentuknya.

Cara kerja dry shampoo sangat cepat untuk menambah volume rambut sekaligus menyerap minyak berlebih dari kulit kepala dan batang rambut tanpa menyebabkan kerusakan.

Selain itu, dry shampoo bisa jadi solusi buat pemilik rambut tipis dan lepek dibandingkan harus keramas setiap hari.

7. Ubah belahan rambut

Jika kamu terbiasa dengan rambut belah pinggir, mungkin kamu bisa mencoba dengan belah tengah atau mengganti posisi belahan yang berlawanan.

Mengubah belahan rambut dapat membantu menciptakan tampilan rambut yang bervolume. Jika kamu khawatir rambut akan kembali ke posisi belahan semula, semprotkan sedikit hairspray untuk menahannya.

Kamu bisa mengganti belahan rambutmu sebulan sekali atau lebih untuk menjaga tampilan rambut tetap tebal.

Demikian cara menata rambut tipis yang bisa dicoba. Semoga berhasil!

(glo/fef)

[Gambas:Video CNN]

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *