Jakarta –

Singapura adalah salah satu destinasi favorit wisatawan Indonesia. Negara ini menerapkan bebas visa sehingga mempermudah kedatangan turis asing. Apalagi lokasi Singapura tidak jauh dari Indonesia.

Spot wisata Singapura memang sangat populer di tanah air. Wisata alam, budaya, edukasi, kuliner, religi, hingga sejarah Singapura sangat ikonik. Berikut beberapa lokasi wisata di Singapura

20 Tempat Wisata di Singapura dan Harga Tiketnya

Dikutip dari situs travel dan tempat wisata terkait, rekomendasi spot wisata di negara dengan simbol ikonik patung merlion ini


ADVERTISEMENT


SCROLL TO RESUME CONTENT

1. Gardens by the Bay

Gardens by The Bay Foto: (Visit Singapore)

Gardens by the Bay adalah taman alam dan kebun raya seluas 101 hektar dengan 400.000 tanaman terkenal di dalamnya. Beberapa di antaranya adalah dengan Supertree Groves, SkyWay, Flower Dome dan Garden Rhapsody. Dikutip dari laman resmi Gardens by the Bay, tempat ini berlokasi di 18 Marina Gardens Drive, Singapore 018953.

Sejak pertama kali dibuka pada tahun 2012, Gardens by the Bay telah menerima berbagai penghargaan, antara lain ‘Landscape Award’ dari World Architecture News pada 2013, ‘Best Attraction in Asia Pacific’ dari Travel Weekly pada 2015 dan ‘Best Attraction Experience’ pada acara 2019 Singapore Tourism Awards.

  • Harga tiket masuk: Gratis namun pengunjung wajib bayar jika ingin naik ke atas OCBC Skyway.

2. OCBC Skyway

OCBC Skyway Foto: Lenny Permata Kusuma/d’Traveler

OCBC Skyway terletak di Gardens by the Bay. Tempat ini merupakan jalur udara setinggi 22 meter dengan panjang 128 meter yang menghubungkan enam Supertree di Supertree Grove. Panorama yang disuguhkan tentu tidak kalah dengan Gardens by the Bay.

Anak-anak: 5 dolar Singapura (sekitar Rp 50 ribu)
Dewasa: 8 dolar Singapura (sekitar Rp 80 ribu).

3. Universal Studio

Universal Studio Singapura. Foto: (Brigida Emi Lilia/d’Traveler)

Siapa yang tidak tahu Universal Studios Singapore. Tempat ini merupakan taman hiburan dengan berbagai wahana, atraksi serta pertunjukan yang spektakuler. Universal Studios Singapore terletak di Resorts World Sentosa.

Anak-anak: 61 dolar Singapura (sekitar Rp 700 ribu)
Dewasa: 81 dolar Singapura (sekitar Rp 900 ribu).

4. Singapore Night Safari

Singapore night safari. Foto: (Andhika Prasetia/detikTravel)

Singapore Night Safari adalah salah satu kebun binatang nokturnal pertama di dunia. Kebun binatang ini menampung lebih dari 130 spesies hewan. Kandang yang digunakan berkonsep terbuka sehingga pengunjung dapat menyaksikan berbagai jenis hewan secara langsung.

Anak-anak: 31 dolar Singapura (sekitar Rp 350 ribu)
Dewasa: 47 dolar Singapura (sekitar Rp 500 ribu).

5. Akuarium SEA

Akuarium SEA Singapura Foto: (irafilanisa/d’Traveler)

Akuarium South East Asia (SEA) merupakan akuarium terbesar di dunia yang ada di Singapura. Dalam akuarium ini terdapat lebih dari 800 spesies satwa air. Satu hal yang menarik dari Akuarium SEA yakni adanya Open Ocean Tank, yaitu panel tampilan terbesar di dunia.

Anak-anak: 29 dolar Singapura (sekitar Rp 350 ribu)
Dewasa: 40 dolar Singapura (sekitar Rp 450 ribu).

6. Singapore Zoo

SIngapore Zoo. Foto: (Shinta Angriyana/detikTravel)

Singapore Zoo adalah salah satu kebun binatang terbaik di dunia. Tempat ini cocok sebagai wisata edukasi khusus anak-anak. Di Singapore Zoo terdapat Rainforest Kidzworld, yaitu area bermain technicolor untuk anak-anak kecil.

Anak-anak: 22 dolar Singapura (sekitar Rp 250 ribu)
Dewasa: 33 dolar Singapura (sekitar Rp 400 ribu).

7. Kereta Gantung Singapura

Kereta gantung Singapura. Foto: Kereta Gantung di Singapura

Kereta Gantung Singapura adalah lift gondola yang menghubungkan Gunung Faber dengan pulau resort Sentosa. Dengan naik kereta gantung ini, kamu bisa menikmati pemandangan Gunung Faber, Harbourfront, Merlion, Pulau Sentosa dan Universal Studios Singapore.

  • Harga tiket masuk: 15 dolar Singapura (sekitar Rp 160 ribu).

8. Taman Anggrek Nasional Singapura

National Orchid Garden Singapore. Foto: Shinta Angriyana/detikTravel

Taman Anggrek Nasional Singapura adalah rumah bagi tampilan anggrek tropis terbesar di dunia. Saat ini Taman Anggrek Nasional Singapura menampung lebih dari 60.000 tanaman anggrek dengan 1000 di antaranya adalah spesies murni dan 2000 adalah hibrida. Tempat ini biasa digunakan sebagai wisata edukasi untuk pelajar.

Pelajar: 1 dolar Singapura (sekitar Rp 11 ribu)
Dewasa: 5 dokar Singapura (sekitar Rp 56 ribu).

9. Kebun Raya Singapura

Singapore Botanic Garden. Foto: (Anisya Dwi Harianti/d’Traveler)

Singapore Botanic Gardens adalah satu-satunya taman tropis yang masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Taman seluas 82 hektar ini menampung lebih dari 10.000 spesies tanaman berbunga dan pepohonan.

  • Harga tiket masuk: Gratis.

10. Singapore Flyer

Singapore Flyer. Foto: Ardan/detikTravel

Singapore Flyer adalah roda observasi raksasa terbesar di Asia. Singapore Flyer menawarkan pemandangan 3 negara sekaligus, yaitu Singapura, Malaysia (Johor) dan Indonesia (Batam).

Pemandangan terbaik bisa kamu dapatkan saat senja. Ada juga atraksi ikonik seperti Singapore River, Raffles Place, dan Merlion Park yang menyala spektakuler di malam hari.

Anak-anak: 21 dolar Singapura (sekitar Rp 231 ribu)
Dewasa: 33 dolar Singapura (sekitar Rp 373 ribu).

11. Clarke Quay

Clarke Quay Singapura. Foto: (Anisya Dwi Harianti/d’Traveler)

Clarke Quay adalah dermaga tepi sungai populer di Singapura. Di sini juga terdapat klub malam, kapal pesiar sungai, dan kafe terapung yang berjejer di sepanjang sungai.

  • Harga tiket masuk: Gratis.

12. Mount Faber Park

Mount Faber Leisure. Foto: (dok Mount Faber Leisure)

Mount Faber Park adalah bukit setinggi 94 meter di dalam kota Bukit Merah. Bukit ini menghadap wilayah Telok Blangah yang puncaknya dapat diakses melalui Jalan Gunung Faber atau Jalan Morse.

  • Harga tiket masuk: Gratis.

13. ArtScience Museum

Museum ArtScience Singapura. Foto: Chris McGrath/Getty Images

ArtScience Museum di Marina Bay adalah ruang pameran utama yang menampilkan pameran seni dan sains. Tempat ini merupakan salah satu bangunan paling unik yang dapat dilihat di Singapura. ArtScience Museum memiliki tema dan pajangan yang selalu berubah di 21 ruang galerinya.

  • Harga tiket masuk: 10 dolar Singapura (sekitar Rp 120 ribu).

14. Singapore River

Singapore River. Foto: Suhaimi Abdullah

Singapore River adalah jalur air utama yang melintasi kota Singapura. Sungai ini membentang sepanjang 3,2 kilometer meliuk-liuk di tengah kota. Spot wisata ini melewati Old Singapore dan dan Central Business District.

  • Harga tiket masuk: Gratis.

15. Ubin Island

Pulau Ubin di Singapura. Foto: (Taufik Hidayat/d’traveler)

Ubin Island atau Pulau Ubin adalah pulau seluas 10,2 kilometer persegi yang terletak di timur laut Singapura. Tempat ini direkomendasikan untuk turis yang ingin menikmati Singapura tempo dulu.

  • Harga tiket: Wisatawan perlu naik perahu lebih dulu dengan tarif 3 dolar Singapura (sekitar Rp 35 ribu).

16. The Chinese Garden

The Chinese Garden di Singapura merupakan taman lanskap dengan luas 13,5 hektar. Taman ini memiliki pagoda tujuh lantai, paviliun dan jembatan batu bergaya China, taman bonsai, serta taman Jepang bertabur lentera.

  • Harga tiket masuk: Gratis.

17. Galeri Nasional Singapura

National Gallery Singapore. Foto: National Gallery Singapore

Galeri Nasional Singapura adalah museum seni yang memamerkan koleksi dari Asia dan Asia Tenggara, era kolonial dan usai penjajahan terbesar di dunia. Galeri ini berlokasi di bekas Gedung Mahkamah Agung dan Balai Kota.

  • Harga tiket masuk: 20 dolar Singapura (sekitar Rp 225 ribu).

18. Kuil Relik Gigi Budha

Kuil Relik Gigi Buddha di Chinatown ini terkenal di seluruh dunia karena menyimpan gigi taring kiri Sang Buddha. Gigi ini ditemukan dari tumpukan kayu pemakamannya di Kushinagar, India.

  • Harga tiket masuk: Gratis.

19. Kuil Sri Mariamman

Sama-sama terletak di Chinatown, Kuil Sri Mariamman ini merupakan kuil Hindu tertua di Singapura. Kuil yang indah ini didedikasikan untuk Dewi Mariamman, dewa Hindu yang dikenal karena menyembuhkan penyakit, penyakit, dan epidemi.

  • Harga tiket masuk: Gratis.

20. Little India

Little India adalah tempat pusat utama komunitas India Singapura, umumnya dikenal sebagai “Tekka”. Little India merupakan pusat bersejarah terkenal dengan budaya, kuliner, dan pusat perbelanjaan.

  • Harga tiket masuk: Gratis.

Itu dia 20 tempat wisata di Singapura yang wajib kamu kunjungi, dari yang gratis hingga berbayar. Detikers tertarik untuk mengunjungi yang mana?

Simak Video “Fakta Ginjal Kronis di Singapura, Estimasi Kasus Tembus 300 Ribu Pasien”
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *